Visi, Misi dan Tujuan

Program Studi  Pendidikan Bahasa Mandarin

Universitas Kristen Indonesia

 

Visi

Menjadi program studi Pendidikan Bahasa Mandarin yang bermutu, mandiri dan inovatif dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi berbasis media pembelajaran inovatif dalam yang tepat guna sesuai dengan nilai-nilai dan Pancasila pada tahun 2030.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi di Pendidikan bahasa Mandarin, budaya, dan sastra Tiongkok berdasarkan nilai-nilai Kristiani, dan semangat nasionalisme;
  • Menciptakan lulusan yang berkualitas, berintegritas, dan kompeten serta kompetitif secara global;
  • Meningkatkan penelitian dan publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional di Pendidikan bahasa Mandarin, budaya, dan sastra Tiongkok;
  • Meningkatkan mutu pengabdian kepada masyarakat di Pendidikan bahasa Mandarin, budaya dan sastra Tiongkok yang terpublikasi;
  • Meningkatkan mutu dan kapasitas sumber daya manusia yang berkelanjutan;
  • Menjadikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai budaya kerja dalam semangat melayani;
  • Mengembangkan kerja sama dengan organisasi (institusi pendidikan, lembaga gerejawi, dan dunia usaha dan industri) di tingkat nasional dan internasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang bermutu, mandiri dan inovatif dalam bidang pengajaran Bahasa Mandarin.
  • Menghasilkan (calon) pendidik Bahasa Mandarin yang mampu menciptakan media pembelajaran bermutu dan inovatif dalam menunjang pembelajaran mandiri dari tingkat pendidikan usia dini hingga sekolah menengah atas.
  • Menghasilkan dan meningkatkan penelitian dan publikasi ilmiah dalam bidang Pendidikan bahasa Mandarin, budaya, dan sastra Tiongkok yang bermutu, inovatif yang terpublikasi di tingkat nasional dan internasional;
  • Menghasilkan wirausahawan yang mampu mengelola pengajaran Bahasa Mandarin secara profesional.
  • Menghasilkan kreasi media pembelajaran yang dapat dijual.

Strategi

  • Membekali mahasiswa dengan kompetensi sebagai (calon) pendidik Bahasa Mandarin yang mampu berbahasa Mandarin minimal setara HSK 4.
  • Membekali mahasiswa dengan kemampuan mengajarkan Bahasa Mandarin dari tingkat pendidikan usia dini hingga sekolah menengah atas.
  • Membekali mahasiswa dengan pemahaman mengenai ilmu bahasa (linguistik) mulai dari fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik Bahasa Mandarin.
  • Membekali mahasiswa dengan keterampilan budaya Tiongkok (simpul Tiongkok, masakan, dan kaligrafi).